Cara Memelihara Burung Beo

 

Memelihara burung beo memiliki kepuasan tersendiri bagi pemiliknya, pasalnya selain dapat berbicara burung yang satu ini pun bisa jinak dan mengerti apa yang diperintahkan majikannya. Pemiliknya sesekali menjadikan burung beo sebagai alarm / pengingat dan terkadang pula dia dapat bersiul, meniru yang diucapkan orang, menjawab salam, dan bahkan menjadi bel tamu pertanda ada tamu yang datang. 

Bagi pemilik burung beo pemula ada beberapa hal yang harus diketahui agar peliharaannya ini bisa betah dan menuruti apa yang dikehendakinya. Terlebih lagi ketika burung beo sakit, harus dilakukan perawatan ekstra dan bahkan sampai membawanya ke dokter hewan. Tanda-tanda awal burung beo kesehatannya terganggu / ciri burung beo sakit : dia akan bersikap berbeda seperti biasanya, diantaranya: burung beo murung, stres, ketakutan, tidak mau berbicara, bulu-bulunya rontok ataupun dirontokan sendiri, paruhnya bias dan kotoran BAB nya berwarna lain dari biasanya. 
Agar hal di atas tidak terjadi maka pemilik burung yang berumur sampai 75 tahun ini, harus memperhatikan tips merawat burung beo peliharaan dengan mengetahui hal-hal dasar cara memelihara burung beo piaraan agar dapat memiliki suara yang berganti-ganti. 
Berikut cara memelihara burung beo setiap waktu : 
  1. Menempatkan burung peliharaan pada kandang yang memenuhi kriteria ideal sangkar burung beo yang dilengkapi tempat makanan, minuman serta pembuangan kotoran. 
  2. Selalu memperhatikan kebersihan sangkar burung beo selalu seteril dengan cara merawatnya secara berkala dan teratur, membersihkan kandang burung dari kotoran urin dan pesesnya, membersihkan bulu-bulunya yang rontok, atau membuang sisa-sisa makanan dari kandang. 
  3. Makhluk hidup dan hewan pasti membutuhkan air, tak terkecuali peliharaan kita ini, sebab itu berilah burung beo air bersih natural yang segar setidaknya sekali sehari, jangan sampai dia mengalami dehidrasi. 
  4. Begitupun dalam hal makanan, hewan ini perlu makanan segar dan bergizi yang harus diberikan minimal dua kali dalam sehari. Perlu diketahui pula bahwa setiap jenis spesies beo perlu pakan makanan yang berbeda tergantung jenisnya, oleh sebab itu harus diketahui pakan apa yang tepat bagi beo kesayangan kita ini, seperti jenis burung beo nias jantan atau betina. Ciri burung beo nias endemik bulu berwarna hitam pekat, kecuali pada bagian sayap dia berbulu putih. Kakinya berwarna kuning dengan jari-jari berjumlah empat, 3 jari di antaranya menghadap ke depan, sedangkan sisanya menghadap ke belakang. 
  5. Burung ini sukanya main, oleh sebabnya ajaklah bermain setiap saat, atau kalau si pemiliknya sibuk bisa cukup dengan menyediakan berbagai mainan. Beo adalah burung yang cerdas sekaligus mudah bosan jika mereka tidak diberi mainan. Ciri beo yang stres atau bosan dia mencabuti bulunya sendiri agar rontok. 
  6. Naluri pemilik dengan beo pemeliharanya harus ada kecocokan. Pilihlah memelihara beo yang paling cocok untuk Anda. Dan seluruh anggota keluarga harus setuju saat Anda memutuskan memelihara beo. Memelihara beo membutuhkan perhatian dan komitmen jangka panjang.
  7. Beo memang hewan cerdas yang dapat berbicara, tapi dalam hal komunikasi beo sangat terbatas. Pemilik beo yang memelihara kucing, anjing, atau hewan lainnya, perlu mempertimbangkan bagaimana hewan-hewan ini dapat hidup berdampingan tanpa harus ada perselisihan diantara mereka. Bisa saja dengan cara menempatkan setiap hewan di tempat yang berbeda yang masih dalam satu ruangan sehingga mereka dapat hidup bersama, dan kita tetap harus mengawasinya agar tidak saling menyerang atau melukai satu sama lainnya. 
  8. Jika pemilik burung beo memiliki anak yang masih kecil, ajarkan padanya agar selalu menyayangi mereka. Perlu kita ketahui anak kecil yang agresif, berbicara dengan suara keras atau berteriak ketika bermain dapat mengganggu kenyamanan mereka, dan membuat burung beo takut. 
Demikian cara merawat burung beo peliharaan agar lebih jinak, sehat, bergairah, dan tentunya tidak terserang berbagai penyakit. Ketahui juga cara memelihara kelinci yang baik untuk bisnis dan usaha.
Kunjungi info berniaga : daftar harga motor suzuki terbaru.
Cara Memelihara Burung Beo 4.5 5 Ibar Heln Cara dasar memelihara burung beo peliharaan, merawat, mengobati, dan memperhatikan kesehatan hewan piaraan Memelihara burung beo memiliki kepuasan tersendiri bagi pemiliknya, pasalnya selain dapat berbicara burung yang satu ini pun bisa jinak da...


Copyright © Sri Mayanti. All Rights Reserved.   Pasar Harga Desain oleh asep iwan