Tips Persiapan Mudik Lebaran

 

Telah menjadi maklum budaya di Indonesia menjelang tiba datangnya hari raya umat Islam lebaran ada istilah "Mudik", yang telah melekat menjadi budaya nasional Indonesia. Pulang ke kampung halaman menjelang datangnya hari raya lebaran dan merayakan iedul Fithri bersama keluarga merupakan harapan dan dambaan setiap orang. Kebiasaan ini menjadi sesuatu yang dinanti untuk mereka para perantau, hal ini dapat dibuktikan dengan persiapan dalam menghadapi mudik lebaran perjalanan pulang ke kampung halaman mereka.

Tradisi, adat dan budaya ini tentunya sangat banyak dampak postifnya, namun karena waktu dan jadwal pemberangkatannya sama, sementara akses jalan nya tetap maka suasana lalu-lintas menjadi padat di setiap jalur mudik lebaran, akibatnya tak sedikit kecelakaan terjadi.

Oleh sebab itu maka diperlukan persiapan menghadapi mudik lebaran ini, khususnya bagi yang ingin menggunakan kendaraan pribadi, baik kendaraan speda motor ataupun mobil. Tak hanya itu, bagi penumpang pun diperlukan persiapan khusus dalam perjalanan mudik lebaran ini.

Tips Persiapan Mudik Bagi Sopir

Sopir harus benar-benar dalam keadaan sehat wal afiat, kondisi yang segar tidak lelah, capek dan kurang tidur. Yang suka mengkonsumsi penguat stamina tubuh sebaiknya dihindari sebab disamping dapat memberikan efek ketergantung juga saat diperjalanan dapat membuat cepat lelah dan turunnya stamina tubuh.

  • Periksa semua kondisi kendaraan anda, dari mulai mesin, ban cadangan dan bahkan sampai kelengkapan surat-surat jangan sampai ada yang lupa atau tertinggal.
  • Siapkan peta perjalanan agar lebih efektif menghemat waktu, perhatikan juga jalur-jalur kemungkinan mengalami kemacetan saat diperjalanan nanti. 

Tips Aman Mudik Lebaran Bagi sahabat Penumpang Jika anda mudik lebaran dengan menggunakan alat transportasi seperti bus, kereta api ataupun kapal laut ada baiknya anda mempersiapkan diri agar terhindar dari segala hal yang tidak baik terutama kejahatan.

Tips Persiapan Mudik Bagi Penumpang
Penumpang pun harus baik kesehatannya, apalagi yang perjalanan ke kampung halamannya itu membutuhkan waktu yang panjang. Sakit saat di jalan akan lebih menyiksa kita, untuk itu siapkan kesehatan dari sebelumnya, fisik, tenaga juga fikiran.
Penumpang yang mudik bersama anggota keluarga yang masih kecil perlu juga memperhatikan kesiapan fisik dan kesehatan mereka. Jangan sampai perjalanan mudik yang dipaksakan buat mereka.
Perhatikan barang yang akan kita bawa saat perjalanan nanti, jangan sampai mendadak. Perhatikan pula beban yang akan dibawa oleh penumpang tersebut jangan sampai terlalu berat atau bahkan sampai sulit untuk membawanya.
Hati-hatilah saat perjalanan nanti karena kejahatan dengan berbagai modus banyak terjadi. Bila bertemu orang yang tak dikenal dan berlaku dengan tingkah yang tidak wajar maka jangan biarkan anda diam berduaan dengannya. Oleh sebab itu ada baiknya perjalanan mudik itu bersama-sama dan tidak terpencar sampai ke tempat tujuan nanti.

Demikian tips persiapan perjalanan mudik lebaran. Akhirnya saya ucapkan semoga selamat sampai tujuan. Salam dan berkumpul dengan keluarga untuk merayakan hari Raya Lebaran tahun 2017 ini.
Bersama sahabat ataupun keluarga mari jadikan momen lebaran idul fitri bukan hanya sebagai ajang hura-hura dan tradisi semata, namun lebih ada makna dibalik kebersamaan itu.
Tips Persiapan Mudik Lebaran 4.5 5 Srima Pom Mini tips persiapan perjalanan mudik lebaran Telah menjadi maklum budaya di Indonesia menjelang tiba datangnya hari raya umat Islam lebaran ada istilah "Mudik", yang telah mel...


Copyright © Sri Mayanti. All Rights Reserved.   Pasar Harga Desain oleh asep iwan